PKLK – Dellafira Sofia, siswi Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul yang mewakili Provinsi D.I. Yogyakarta dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) 2017 berhasil meraih juara 1 dalam kategori Lomba Kecantikan.

Air mata kemenangan tidak bisa lagi dibendung olehnya saat namanya disebut sebagai juara pertama kategori Lomba Kecantikan tersebut dalam acara penutupan LKSN dan FIKSI 2017 yang bertempat di Novotel Mangga Dua Square, Jakarta.

Rasa bahagia tidak bisa ditutupi olehnya. Tak lupa juga ia mengingat bagaimana perasaan dan reaksi orangtuanya nanti. Buah dari hasil latihan selama delapan bulan kini telah dapat dinikmati oleh siswi yang memang menyukai dunia melukis ini. Di bawah bimbingan gurunya, Yulita Fitriani, Della tekun berlatih, mengimplementasikan bakat melukisnya ke dalam seni kecantikan.

"Sejak dari seleksi kabupaten, kita sudah latihan rutin sebanyak tiga kali seminggu. Kemudian terus ditingkatkan seiring mendekati lomba," tutur Yulia Fitriani, guru SLBN 1 Bantul.

Menurut Yulia, siswinya memang sangat menyukai melukis. Karenanya, bakatnya dapat tersalurkan mengingat tema dalam kategori kecantikan ini adalah rias fantasi. "Jadi memang si anak itu memang pintar melukis. Karena ini adalah rias fantasi. Jadi saat merias itu, dia membuat sketsa, mengimplementasikan ke wajahnya, termasuk mencari pembauran warna, ia lakukan sendiri," jelas Yuli. "Harapan di masa depan nanti, melalui keterampilannya, Della bisa menjadi perias profesional dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain," tutupnya.