LKSN –  Juri lomba kecantikan Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN), Dr. Kusumadewi Sutanto mengungkapkan anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan yang luar biasa  jika potensi mereka terus digali.

“Mereka harus dibimbing dan diarahkan untuk mengembangkan bakat dan minatnya, “ katanya kepada tim media center di Novotel Mangga Dua Square Hotel Jakarta, Sabtu (29/7).

Kusumadewi mengatakan melalui ajang LKSN mereka telah menunjukkan kemampuannya dengan keterampilan terbaiknya. Ia pun menambahkan hasil karya mereka tidak boleh dipandang sebelah mata.

“Setelah melihat kemampuan mereka, saya sangat kagum. Karya mereka seperti anak-anak pada umumnya,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan sebagai juri kecantikan merasa takjup dengan hasil karya mereka dalam merias dan melukis wajah. Menurutnya peserta mampu menduplikasikan make up yang telah ditentukan oleh panitia.

“Mereka telah membuktikan mereka mampu merias wajah sendiri,” tegasnya.

Ia pun berharap melalui ajaang ini mereka akan memiliki kepercayaan diri untuk merias orang lain. Sehingga keterampilan meraka akan bergunan bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Selain itu, ia juga berharap keterampilan yang mereka miliki diterima oleh dunia usaha dan dunia industri. Dan mereka juga mampu  berwirausaha dengan membuka salon kecantikan.

“Selain itu juga bisa bekerja menajadi make up artis  dan  bekerja di dunia perfilman . Secara kemampuan mereka di atas rata-rata,” tegasnya.

Terkait kreteria penilaian pada lomba kecantikan ia memaparkan juri akan melihat bagaimana  peserta menata area kerjanya dan kebersihan. Selain itu bagaimana teknik yang mereka gunakan saat merias diri.

“Yang paling penting adalah  hasil akhirnya yang mereka kerjakan,” tegasnya.